Kenali 4 Gejala Stres yang Mungkin Sedang Anda Alami Saat ini

Stres, setiap orang tentu pernah merasakannya. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, contohnya permasalahan ekonomi, sosial, keluarga, dan lain sebagainya. Seseorang yang sedang stres tentu akan mengalami kesulitan dalam menjalani kehidupan. Maka dari itu diperlukan penanganan khusus agar orang tersebut dapat kembali bangkit dari keterpurukannya. Dan guna mencegah dampak buruk melanda atau melakukan penanganan lebih lanjut, sebaiknya Anda mengetahui gejala stres yang bisa dialami siapa saja.

Simak 4 Gejala Stres yang Perlu Anda Ketahui

1. Gejala kognitif

Gejala kognitif merupakan gejala yang terjadi pada bagaimana proses berpikir seseorang. Seseorang dengan stres, proses berpikirnya cenderung tidak sehat atau kurang normal. Contohnya seperti kesulitan dalam berkonsentrasi, pengambilan keputusan yang tidak tepat, dan sering memikirkan hal negatif. Gejala stres satu ini tentu akan menghambat kinerja seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Penanganan yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala kognitif stres adalah dengan melakukan kegiatan lain sebagai bentuk pengalihan. Contohnya dengan melakukan hobi atau aktivitas-aktivitas yang digemari.

2. Gejala emosi

Seseorang yang mudah stres seringkali menunjukkan gejala emosi. Gejala emosi yang dimiliki seseorang dapat meliputi perasaan gusar, tidak tenang, bingung, dan hilang kendali. Perasaan semacam ini seringkali menghantui orang tersebut, dan jika berlarut-larut dapat memunculkan kondisi depresi. Gejala seperti perasaan kesendirian, rendahnya harga diri, dan mood-swing juga merupakan tanda-tandanya. Gejala emosi dapat berkurang apabila seseorang mampu mengendalikannya. Contohnya dengan melakukan meditasi atau meluangkan waktu untuk refreshing.

3. Gejala perilaku

Perilaku tampak dari luar, dengan mudah dapat diamati oleh orang lain. Maka dari itu seseorang yang stres biasanya juga menunjukkan beberapa perilaku yang dapat mengindikasikan gejala yang dimiliki. Perilaku gugup, gelisah, mudah gusar, menggigit jari, atau dalam kondisi lebih buruk seperti mengonsumsi alkohol dan berlaku tidak bertanggung jawab dapat muncul ketika seseorang mengalami stres. Namun juga sekaligus bisa mereda seiring berkurangnya stres.

4. Gejala fisik

Fisik seseorang yang sedang mengalami stres juga dapat terpegaruh. Di antaranya ketika dirinya kurang tidur atau menerapkan pola makan tidak teratur. Tentu akan tampak pada kondisi fisiknya, seperti wajah sayu dan kusut, munculnya kantung mata dan mata panda, mudah lemas serta tidak bertenaga, yang pastinya juga berakibat pada kesehatan. Selain itu, gejala fisik yang umumnya muncul pada orang stres, antara lain kepala pusing, perut mual, serta jantung berdebar kencang.

Itulah dia keempat gejala stres yang perlu diketahui. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa sekaligus, segera temukan penyebabnya.Bercerita pada orang terdekat juga merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest