Hati-Hati Kebiasaan Ini Membunuh Kecerdasanmu

cerdas, intelejensi, kebiasaan, perilaku, psikologi, gaya hidup, sindrom, simental.id,

Setiap orang pasti berkeinginan memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Kecerdasan bisa tumbuh berasal dari dalam individu sendiri atau berasal dari luar, misalnya dari kebiasaan sehari-hari. Memang kebiasaan-kebiasaan tersebut memiliki dampak positif, namun tidak dimungkiri juga bisa menurunkan tingkat kecerdasan.

Apa saja kebiasaan yang bisa menurunkan kecerdasanmu? Simak ulasan di bawah ini.

Terlalu banyak atau kurang tidur

Penelitian menyarankan untuk tidur antara 6 hingga 9 jam. Jika kurang dari 6 jam akan menurunkan kemampuan berpikir. Misalnya Anda begadang untuk belajar menghadapi ujian pada esok hari. Dalam kondisi mengantuk, dapat berdampak buruk pada kemampuan planning, perhatian, serta ingatan jangka pendek dan panjang.

Selanjutnya jika tidur lebih dari 9 jam, bisa menyebabkan kerusakan pikiran dan fisik Anda. Oleh karena itu disarankan untuk tidur teratur selama 6 sampai 9 jam sehari agar kesehatan mental terjaga dan produktivitas meningkat.

Multitasking

Multitasking bisa berdampak menurunkan area abu-abu di otak yang berpengaruh terhadap kontrol kognitif dan emosional. Walaupun terkadang multitasking dibutuhkan untuk mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan, nyatanya justru dapat menurunkan produktivitas.

Jadi penting bagi seseorang untuk fokus menyelesaikan satu tugas dalam satu waktu.

Anti sosial

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial sehingga membutuhkan interaksi dengan orang lain. Menurut sebuah studi, orang yang bersosialisasi memiliki nilai yang lebih baik pada tes kognitif dibandingkan dengan orang yang anti sosial

Memiliki teman dan bersosialisasi dengan teratur memiliki manfaat untuk melatih ingatan, meningkatkan aktivitas otak, serta mengurangi stres. Jika jarang atau tidak pernah berinteraksi sosial sama sekali, bisa berpengaruh buruk pada kesehatan mental dan otak Anda.

Makanan kurang nutrisi

Asupan makan tentu mempengaruhi kemampuan otak. Hindari makanan yang dimasak dan diproses dengan bahan kimia karena dapat mempengaruhi perilaku dan fungsi kognitif.

Konsumsi makanan yang kaya nutrisi dan antioksidan seperti sayur, buah, dan daging rendah lemak. Hal itu tentu membuat kemampuan otak menjadi lebih baik.

Percaya Berita Palsu

Berbagai kemudahan dihadirkan oleh teknologi saat ini. Seperti kemudahan dalam mencari jawaban dari segala pertanyaan di otak. Hal itu bisa membuat otak terbiasa untuk percaya begitu saja segala informasi dan merasa telah mengetahui berbagai hal.

Dengan kemudahan yang diberikan tersebut, seseorang menjadi terbiasa mendapat jawaban secara instan di pencarian internet. Hal ini bisa membuat otak menjadi malas berpikir kritis. Ketika informasi dengan mudah ditemukan di internet, Anda akan mengalami penurunan untuk menantang informasi yang ditemukan, memproses dengan kritis, serta menarik kesimpulan dari pemikiran Anda sendiri.

Oleh karena itu saat menemukan informasi di internet jangan asal menerimanya mentah-mentah. Anda harus melakukan riset dan membandingkannya dengan sumber lain yang terpercaya. Dengan begitu Anda tidak mudah termakan berita hoaks

Itulah tadi beberapa kebiasaan yang dapat menurunkan kecerdasan Anda. oleh karena itu Anda diharapkan bisa mengurangi atau terlebih menghindari kebiasaan tersebut.

 

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *