Skandal Kim Seon Ho Ciptakan Fenomena ‘Double Standard’

Aktor asal Korea Selatan Kim Seon Ho tengah menjadi sorotan. Pasalnya ia tersangkut skandal dengan mantan kekasihnya. Kabar tersebut terdengar tak lama setelah drama korea yang melambungkan namanya berjudul ‘Hometown Cha Cha Cha’ berakhir.

Kim Seon Ho menjalin hubungan dengan mantan kekasihnya sejak awal tahun 2020 kemudian putus tahun 2021. Mantan kekasihnya bercerita bahwa ia dipaksa untuk menggugurkan kandungannya oleh aktor Kim Seon Ho dengan alasan sedang terikat dengan kontrak iklan dan akan terkena pinalti jika memiliki anak. 

Mantan kekasihnya menganggap setelah melakukan aborsi, Kim Seon Ho semakin menjauh dan tidak peduli dengannya. Selain itu Kim Seon Ho juga berjanji akan menikahinya, namun tidak ditepati hingga hubungan mereka kandas.

Setelah kabar tersebut beredar luas dan menimbulkan kontroversi, Kim Seon Ho beserta agensinya secara resmi meminta maaf kepada pihak yang tersakiti dan pihak yang dirugikan atas kabar tersebut. Kim Seon Ho juga telah meminta maaf secara langsung dengan mantan kekasihnya.

Kabar tersebut mengakibatkan sang aktor terkena cancel culture dari masyarakat. Ia juga kehilangan berbagai kontrak iklan, drama, film, dan TV Show.

Double Standard di masyarakat

Kontroversi kasus Kim Seon Ho mengakibatkan fenomena double standard di masyarakat. Double standard adalah ketika masyarakat merespon perilaku seseorang atau kelompok dengan reaksi yang berbeda pada kasus yang sama. 

Dalam kasus Kim Seon Ho, mengakibatkan masyarakat terbelah menjadi dua kelompok. Salah satu pihak mengatakan Kim Seon Ho pantas mendapatkan kompensasi yang setimpal. Pihak lainnya berpendapat bahwa setiap orang memiliki kesalahan yang masih bisa dimaafkan termasuk aktor tersebut. Hal ini karena Kim Seon Ho dan pihak agensi telah meminta maaf dan mengakui kesalahannya.

Jagat media sosial juga banyak dukungan mengalir untuk Kim Seon Ho. Para penggemarnya berharap idolanya masih bisa muncul di dunia hiburan.

Apalagi belakangan, media terkemuka Korea Selatan, Dispatch, mengungkap kebenaran skandal Kim Seon Ho. Dispatch merupakan media yang sering membongkar skandal para selebritis di Korea Selatan.

Dispatch berhasil mendapatkan chat pribadi antara Kim Seon Ho dan mantan kekasihnya, Choi Young Ah. Dalam isi chat tersebut ternyata setelah mengetahui mantan kekasihnya hamil, Kim Seon Ho justru ingin menikahinya dan memperkenalkan kepada orang tuanya. 

Keputusan untuk aborsi juga berdasarkan keputusan bersama, bukan karena dipaksa oleh aktor tersebut. Namun hubungan mereka retak pada tahun 2021 akibat Kim Seon ho kehilangan kepercayaan kepada Choi Young Ah karena ia sering berbohong tentang pergi dengan lelaki lain tanpa sepengetahuannya.

Pengungkapan yang dilakukan Dispatch membuat dukungan kepada Kim Seon Ho semakin banyak. Aktor tersebut juga kembali muncul di beberapa iklan serta direncanakan membintangi drama korea ‘Sad Tropical’. Namun tidak sedikit juga yang masih menolak kemunculan bintang drakor tersebut.

Kim Seon Ho masih beruntung. Reaksi masyarakat terhadap kasusnya berbeda dengan selebriti lain. Banyak selebritis yang mengalami skandal, kemudian dihujat dan tidak bisa lagi tampil di dunia hiburan. 

Standar ganda memang masih menjadi polemik di masyarakat. Di satu sisi penggemar pasti menginginkan idolanya dapat dimaafkan dan kembali ke dunia hiburan. Disisi lain, tidak semua perbuatan yang dilakukan public figure bisa dibenarkan, apalagi jika merugikan pihak-pihak tertentu.

[Source]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *