Kebiasaan ‘Aneh’ Orang IQ Tinggi, Anda Pernah Melakukan?

Dalam dunia psikologi ada banyak cara untuk melihat tingkat kecerdasan manusia. Salah satunya dengan tes IQ. Intelligence Quotient (IQ) Adalah Kecerdasan manusia dalam bernalar, belajar, memahami, berpikir, menganalisis dan memecahkan masalah menggunakan logika. 

Tidak hanya IQ, masih banyak faktor yang menentukan tingkat kecerdasan manusia seperti EQ (Emotial Quotient), SQ (Spriritual Quotient), dan TQ (Trancendental Quotient). Oleh karena itu perlu adanya keseimbangan antara beberapa kecerdasan yang telah disebutkan diatas.

Dalam pembahasan kali ini akan mengulas kebiasaan orang yang memiliki IQ tinggi. Ada beberapa Kebiasaan orang yang memiliki IQ tinggi sering dianggap aneh oleh sebagian orang. Meskipun tidak wajar tetapi nyatanya kebiasaan tersebut dihubungkan dengan Tingkat kecerdasan dan kreativitas yang lebih tinggi. Apa saja kebiasaan itu?

Tidur larut malam

Sering begadang memang dapat mengganggu kesehatan. Tetapi kebiasaan tersebut ternyata dilakukan oleh orang dengan IQ tinggi.

Orang dengan IQ tinggi lebih memilih mengerjakan sesuatu pada malam hari daripada waktu pagi. Suasana malam hari membuatnya bisa berpikir jernih dan kreatif. 

Waktu tidur orang jenius pada malam hari cenderung berkurang. Mereka memangkas waktu istirahat menjadi kegiatan yang lebih produktif. 

Mengakui kesalahan

Orang yang memiliki IQ tinggi berpikir dari berbagai sudut pandang. Ia menilai cara berpikir orang lain berbeda-beda sehingga tidak ada pendapat seseorang yang memiliki kebenaran mutlak.

Selain itu ia akan menyadari jika merasa dirinya melakukan kesalahan dan menjadikannya sebuah pelajaran.

Menyadari kekurangan

Sebuah studi di Cornell University tahun 1999 Membukrikan bahwa orang yang kompeten merasa kemampuannya masih jauh dari yang diharapkan. Ia juga menyadari masih banyak hal diluar sana yang belum dikuasai. 

Sebaliknya, orang yang kurang kompeten tidak tahu kekurangan dalam dirinya, sehingga penilaian diri meningkat.

Sering melamun

Orang dengan iQ tinggi suka melamun. Tetapi bukan memikirkan hal-hal lain, melainkan memberikan waktu kepada otak untuk istirahat sejenak.

University of California melakukan studi. Ketika beberapa subyek diberikan tugas yang banyak, subjek yang beristirahat sejenak, mendapatkan nilai yang lebih baik daripada yang tidak. 

Peneliti menyimpulkan mengistirahatkan otak sejenak tanpa memikirkan sesuatu hal yang berat, dapat meningkatkan kreativitas dan pemecahan masalah.

Kondisi lingkungan acak-acakan

Profesor Cornelk Robert J. Stenberg, PhD pernah berkata bahwa kecerdasan seseorang bisa diukur dari kemampuan beradaptasi dengan suasana baru, belajar dari pengalaman, dan memahami Citra yang abstrak.

Penelitian dari University of Minnesota menjelaskan bahwa seseorang yang mempunyai lingkungan berantakan lebih banyak menemukan ide kreatif dibanding dengan yang lingkungannya rapi.

Suka berbicara sendiri

Orang berbicara sendiri untuk mengevaluasi dan menganalisa hasil pemikiran. Berbicara sendiri terbukti dapat meningkatkan ketajaman otak dan kemampuan daya ingat.

Me time

Dalam suatu penelitian mengungkapkan bahwa orang yang memiliki iq tinggi tidak nyaman dengan situasi keramain. Mereka lebih suka menghabiskan waktu sendirian atau me time.

Apakah Anda pernah melakukan kebiasaan-kebiasaaan tersebut? Jika ya, berati ada kemungkinan Anda termasuk orang yang memiliki IQ tinggi.

[Source]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *