3 Jenis Bahasa Tubuh yang Paling Mudah Dipahami

komunikasi, sosial, perilaku, kebiasaan, bahasa tubuh,

Bahasa tubuh merupakan salah satu bentuk atau cara manusia dalam berkomunikasi. Seperti ketika seseorang melakukan gerakan impulsif, maka dapat mengindikasikan ia sedang gugup atau cemas. Melalui bahasa tubuh, manusia dapat mengekspresikan emosi yang dirasakannya. Maka dari itu perlu untuk mempelajarinya agar lebih mudah memahami lawan bicara saat berkomunikasi. Berikut beberapa bentuk bahasa tubuh paling umum dipakai manusia, barangkali bisa menambah wawasan komunikasi Anda.

1. Tangan

Membaca bahasa tubuh pria atau wanita dapat dilakukan, salah satunya melalui pergerakan tangan. Contohnya apabila seseorang menyilangkan tangan di depan dada, maka bisa dikatakan dia sedang melakukan pembelaan diri terhadap argumen yang diutarakan. Selain itu menyilangkan tangan juga dapat mengisyaratkan penolakan dari lawan bicara. 

Namun perlu diketahui bahwa menyilangkan tangan tidak sepenuhnya bersifat penolakan atau pembelaan diri. Beberapa orang juga seringkali menyilangkan tangannya ke depan dada karena sedang merasa nyaman atau salah satu bentuk kebiasaannya. Agar mengetahui secara lebih tepat maksud bahasa tubuh orang tersebut, Anda juga dapat melihat ekspresi wajah lawan bicara.

Lengan atau tangan cenderung condong ke arah lawan bicara juga dapat mengisyaratkan bahwa orang tersebut tertarik dengan pembicaraan. Selain itu bahasa tubuh yang sering memperlihatkan lengan bagian dalam seperti telapak tangan juga mengindikasikan keterbukaan dan kepercayaan lawan bicara.

2. Bahu

Gerakan bahu juga dapat digunakan untuk membaca emosi yang dirasakan lawan bicara. Jika seseorang mengangkat bahu pada suatu pembicaraan, maka hal itu dapat mengisyaratkan orang tersebut sedang tidak mengetahui sesuatu. Selain itu, bahu terangkat juga dapat menandakan lawan bicara mengabaikan tentang permasalahan yang terjadi.

3. Kaki

Pergerakan kaki lawan bicara dapat diamati untuk memahami emosi yang dirasakan seseorang. Contohnya apabila kaki dan tangan menyilang, maka dapat mengindikasikan orang tersebut menolak argumen dari orang lain. Bahasa tubuh penolakan seperti ini akan semakin jelas apabila seseorang menunjukkan ekspresi seolah mengabaikan dan tidak menyenangkan. 

Selain kaki yang menyilang, gerakan kaki yang bergoyang-goyang berulang kali mengindikasikan kecemasan dan perasaan gugup seseorang. Orang yang kakinya terus bergerak atau bergoyang tanpa henti biasanya sedang dliputi perasaan tak tenang. Sebagai lawan bicara, mungkin Anda bisa menanyakan sebab perasaan tidak tenang, gugup, atau kecemasan yang dia alami.

Arah kaki juga dapat menunjukkan perasaan yang dialami seseorang. Jika ujung kaki lawan bicara menghadap Anda, bisa dikatakan orang tersebut bersifat terbuka atau tertarik dengan pembicaraan yang sedang berlangsung. Sebaliknya apabila ujung kaki menghadap ke arah lain, maka dapat dikatakan orang tersebut tidak tertarik pada topik obrolan.

Itulah dia beberapa bahasa tubuh manusia yang perlu untuk diketahui. Bahasa tubuh yang diinformasikan tidak dapat bersifat pasti, dikarenakan terdapat faktor lain yang menjadikan orang tesebut bertindak demikian. Oleh karena itu, Anda juga perlu memperhatikan ekspresi, pilihan kata, serta nada dan intonasi perkataan dari lawan bicara demi memahaminya.

Millisani Fiaunilla Rosyida

Learn More →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *