Ini Cara Detoks Media Sosial agar Tetap ‘Waras’

Cara Detoks Media Sosial Untuk Kesehatan Mental

Saat ini pasti setiap orang memiliki akun di media sosial. Bahkan mungkin akun tersebut bisa lebih dari satu. Aplikasi media sosial yang ada pun bermacam – macam seperti twitter, facebook atau instagram. Setiap hari bahkan setiap detik seseorang tidak lepas dari media sosial dengan tujuan agar tidak ketinggalan informasi terbaru.

Jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang, kebiasaan ini dapat mengubah pola pikir dan mempengaruhi kesehatan mental. Seseorang bisa terkena gangguan kecemasan, depresi, stres, penurunan kepercayaan diri, insomnia, dan perilaku menyakiti diri sendiri. Hal ini terjadi karena alam bawah sadar membuat seseorang membandingkan kehidupan dirinya dengan orang lain. Akibatnya seseorang menjadi tidak bersyukur dengan kehidupannya. Teori ini disampaikan dalam studi yang berjudul Online Social Networking And Mental Health dalam jurnal Cyberpsychology, Behaviour, And Social Networking.

Menurut psikolog, dalam sehari media sosial secara wajar diakses dalam waktu tiga puluh menit hingga satu jam. Anda bisa membaginya dalam beberapa sesi. Misalnya pagi, siang, sore, dan malam hari masing – masing selama lima belas menit.

Anda bisa memasang alarm atau memasang aplikasi untuk mengingatkan penggunaan media sosial agar tidak melebihi waktu yang ditetapkan. Hindari juga membuka media sosial sebelum tidur agar tidur menjadi lebih berkualitas.

Jangan lupa mematikan notifikasi dari media sosial, namun tetap nyalakan yang menurut anda cukup penting, misalnya untuk keperluan pekerjaan.

Saat berada di rumah tentukan beberapa tempat seperti ruang makan, ruang keluarga, atau ruangan lainnya bebas dari handphone. Gunakan ruangan – ruangan tersebut untuk berkumpul dan berinteraksi dengan keluarga.

Tentukan satu hari dalam seminggu tanpa membuka media sosial. Anda bisa mengganti waktu tersebut untuk menyalurkan hobi atau pergi bersama teman dan keluarga.

Cara terakhir yaitu dengan menghapus aplikasi media sosial. Cara ini hanya dilakukan jika anda tidak bisa mengikuti cara – cara sebelumya. Anda bisa melakukannya secara bertahap. Anda bisa mengunduh ulang aplikasi tersebut jika belum bisa menahan rasa kecanduan. Lalu setelah itu hapus kembali. Jika sudah terbiasa, anda bisa satu sampai dua hari tanpa media sosial dan rasakan manfaanya untuk mental yang lebih baik.

Sumber :
hellosehat.com : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/cara-detoks-sosmed/
www.sabigaju.com : https://www.sabigaju.com/ini-cara-detox-media-sosial-agar-tak-kecanduan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *