Jangan Anggap Remeh! Inilah Efek Psikologis Bullying di Media Sosial

Efek Psikologis Bullying di Media Sosial

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini, membuat orang mau tidak mau harus berusaha mengikuti setiap trend terbaru supaya tidak dianggap ketinggalan jaman. Contoh yang paling sederhana, adalah pergaulan sosial yang semula dari pertemuan interpersonal menjadi pergaulan di dunia maya menggunakan media sosial. Pergaulan di dunia maya tak selamananya berefek positif. Salah satu yang kurang baik adalah terjadinya cyber bullying.

Jika hal itu dibiarkan akan menimbulkan dampak psikologis yang buruk terhadap para korban. Berikut ini beberapa efek negatif akibat cyber bullying.

Korban Akan Mengalami Stres Dan Depresi

Mengalami penghinaan dan tekanan terus menerus, meningkatkan kesedihan seseorang. Ketika stres terus berlanjut, akan membentuk stres hingga depresi pada korban cyber bullying. Perasaan bahagia sangat sulit dirasakan, karena terkikis oleh berbagai kejadian buruk yang menimpa. Bahkan apabila stres berkelanjutan, akan memicu perilaku bunuh diri. Jika perlu, korban bullying dapat melakukan terapi psikologi untuk mengatasi depresi.

Menghilangkan Rasa Percaya Diri

Kepercayaan terhadap diri sendiri lambat laun akan menghilang ketika mengalami bullying. Citra positif perlahan akan terkikis yang membuat korban bullying, memandang dirinya sendiri secara negatif. Rasa percaya diri yang rendah, menyebabkan korban cyber bullying akan menarik diri dari lingkungan sosial maupun media sosial. Jika dibiarkan terus menerus, korban akan benar-benar menghilang dari segala bentuk aktivitas sosial. Berkomunikasi dengan orang terdekat dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kembali kepercayan diri.

Menjadi Agresif Dan Bertempramen Tinggi

Sebagai korban bulying, mereka tentu merasa marah walaupun tidak bisa diutarakan. Perasaan marah yang meluap, ditakutkan memunculkan perasaan ingin balas dendam kepada para pelaku pembulian. Memaafkan pembuli memang sulit, namun akan lebih baik dari pada balas dendam kepadanya. Salah satu dampak lainnya, yaitu perubahan karakter sebagai mekanisme pertahanan diri.

Banyak sekali perilaku bullying yang terjadi di media sosial seperti, facebook, instagram, twitter dan lainnya. Kategori cyber bullying diperlakukan hanya jika korbannya adalah remaja berusia dibawah 18 tahun. Jika bullying terjadi pada seseorang berusia diatas 18 tahun, dikategorikan sebagai cyber crime, hate speech atau cyber stalking. Bullying di media sosial ini akan memberikan dampak psikologis, baik besar maupun kecil bagi korbannya. Oleh karena itu gunakanlah media sosial secara bijak dan benar.

Sumber :
dosenpsikologi.com : https://dosenpsikologi.com/dampak-cyber-bullying

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *