Ini Alasan Kenapa Orang Optimis Berumur Lebih Panjang daripada yang Pesimis

Orang Optimis Lebih Panjang Umur Dari Yang Pesimis

Orang yang berpikir positif seperti optimis cenderung memiliki umur yang lebih panjang. Hal ini berdasarkan riset yang telah dilakukan pada 69.700 perempuan dan 1.400 laki-laki, dimana mereka yang berkepribadian positif dapat hidup yaitu sekitar 11-15 persen lebih panjang. Bahkan, mereka memiliki kemungkinan yang besar untuk hidup hingga berumur 85 tahun. Berikut Ini alasan mengapa orang yang optimis memiliki umur yang lebih lama.

Perilaku Yang Sehat

Seseorang yang memiliki pola pikir yang baik dan pandangan hidup yang positif, biasanya mempunyai kebiasaan hidup yang sehat. Mereka cenderung lebih mudah menerima saran dari dokter, sering berolahraga dan mengatur pola makan yang lebih sehat. Kebiasaan yang baik tersebut memberikan dampak yang positif bagi tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Orang yang optimis dapat terhindar dari risiko kematian dini.

Hal ini berbeda dengan orang yang memiliki kepribadian yang negatif seperti menjadi pesimis. Orang yang tidak percaya diri cenderung frustasi dengan keadaan yang sedang terjadi. Mereka sering membayangkan bahwa harapan mereka tidak akan bisa dicapai, sehingga mereka mudah mengabaikan kesehatan. Pikiran-pikiran yang negatif ini akan meningkatkan stres, sehingga mereka mudah terkena penyakit.

Tingkat Depresi Yang Lebih Rendah

Menurut Prof. Hauce Hood, orang yang optimis biasanya memiliki tujuan yang jelas , sehingga lebih mudah percaya diri untuk mencapai target tersebut. Sehingga mereka lebih mudah mengotrol emosi dan mengatasi masalah yang dihadapi. Orang yang optimis cenderung dapat mengatasi stres lebih baik dibandingkan orang yang pesimis. Mereka akan lebih mudah mencegah terulangnya pengalaman negatif.

Stres yang meningkat dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun, sehingga tubuh mudah terserang oleh penyakit. Orang yang memiliki optimisme dapat mengatasi dampak infeksi yang terjadi lebih baik ketika sistem kekebalan tubuh menurun. Kepribadian ini tentu membuat orang dapat hidup lebih lama.

Sikap optimisme ternyata berdampak pada masa hidup seseorang. Berpikir positif dapat menciptakan kebiasan hidup yang baik sehingga tubuh lebih sehat. Agar optimisme anda terbangun, lakukan dengan membuat target sedikit demi sedikit untuk jangka panjang sehingga rasa optimis dalam pikiran terus tumbuh. Dengan begitu anda akan berpikir lebih mudah untuk mencapai kesuksesan.

Sumber :
kompas.com : https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/25/153900920/ini-sebabnya-orang-orang-optimis-lebih-panjang-umur?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *