Yuk, Cari Tahu Sisi Positif Kepribadian Ekstrovert

Ilustrasi : Seseorang dengan kepribadian ekstrovert

Jika anda memiliki teman yang selalu terlihat riang, pandai bersoisialisasi, memiliki popularitas yang tinggi, maka tidak bisa dipungkiri bahwa ia adalah orang yang Ekstrovert. Kepribadian ini bagaikan bumi dan langit jika dibandingkan dengan introvert. Walaupun ekstrovert memiliki sisi negatif tetapi jangan salah sangka, yuk cari tahu sisi positif dari ekstrovert!

Semangat Dan Antusiasme Yang Tak Terkalahkan

Bukan ekstrovert namanya jika dia adalah seorang pendiam. Orang ekstrovert memiliki antusiasme dan semangat yang tinggi sehingga tampak gembira, riang, tertawa, dan bersemangat dalam hidupnya. Jika mempelajari hal baru maka ia sangat antusias karena memiliki rasa penasaran yang tinggi. Seorang ekstrovert juga spontan dalam bertindak maupun berbicara, sehingga terkesan ceplas-ceplos dan jarang memikirkan apa yang akan dibicarakan.

Berbeda dengan seorang introvert yang cenderung menarik diri dari kerumunan orang banyak, tetapi seorang ekstrovert sangat senang jika ia menjadi pusat perhatian orang-orang disekitarnya. Mereka cenderung lebih dikenal dimanapun ia berada, seperti di kantor, sekolah, dan disekitarnya. Maka jika anda memilki teman yang  mudah bergaul, bisa dipastikan bahwa ia adalah seorang ekstrovert.

Sigap Dan Tegap Dalam Segala Situasi

Orang dengan kepribadian ekstrovert sangat cepat ketika mengambil keputusan, dikarenakan karakternya yang spontan dan jarang berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Maka jika anda ingin merekrut seorang body guard, sangat cocok jika anda memilih seorang ekstrovert karena ia tidak akan berpikir panjang ketika ada sesuatu yang berbahaya ada didepan mata. Orang ekstrovert juga sering ditunjuk sebagai pemimpin dalam sebuah kelompok.

Seorang ekstrovert juga lebih senang menjadi seorang pembicara dari pada pendengar. Mereka seringkali mendominasi percakapan karena lebih suka menuangkan ide dan gagasan. Seorang yang ekstrovert juga memiliki kepercayaan diri yang tinggi ketika dihadapan publik. Hal positif lainnya yang dimiliki seorang ekstrovert adalah kemampuannya mencairkan suasana.

Apabila anda merupakan seorang yang ekstrovert, maka profesi yang sesuai dengan karakter ini adalah pengacara, public relation, customer service, event organizer, wartawan, dan penyiar radio. Orang-orang yang menjalani profesi ini sangat kreatif menuangkan ide dan gagasannya. Orang ekstrovert juga suka bekerjasama dalam tim dan menurut mereka kondisi yang ramai itu adalah kebahagiaannnya.

Sumber :
dosenpsikologi.com : https://dosenpsikologi.com/kepribadian-extrovert

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *